MENGASAH KEAHLIAN BICARA & PRESENTASI (Edisi Senin, 29 Januari 2018)

MENGASAH KEAHLIAN BICARA & PRESENTASI (Edisi Senin, 29 Januari 2018)

Category : Artikel, Published by admin, Published at Monday, February 12th, 2018


Salam Metamorfosa, Salam Perubahan…

 

Sebanyak 45 orang peserta mengikuti training Persuasive Presentation Skill Sabtu yang lalu. Gelaran training yang diselenggarakan HDI Management Centre ini diikuti oleh peserta dengan beragam latar belakang profesi dan asal daerah. Ada yang mahasiswa, karyawan swasta, dosen, birokrat, sampai dokter spesialis bedah. Se-bagian besar memang berasal dari Yogyakarta, namun ada pula yang berasal dari Pekalongan dan Madiun.

 

Ketertarikan mereka terhadap training ini memang tidak sama. Namun umumnya menginginkan agar keahlian berbicara dan presentasi mereka menjadi semakin me-ningkat. Lebih spesifik lagi, mereka berharap agar daya pengaruh dari keahlian bi-cara dan presentasi mereka menjadi semakin kuat.

 

Para pembaca yang siap berubah menjadi lebih baik…

 

Memiliki keahlian bicara dan presentasi yang memberi pengaruh kuat pada orang lain sesungguhnya sangat dibutuhkan oleh profesi apapun. Apakah Anda seorang pe-gawai, guru, pimpinan organisasi, manajer perusahaan, atau ibu rumah tangga pa-da umunya. Demikian pula bagi Anda yang berstatus pelajar atau mahasiswa, ustadz atau penceramah. Tak bisa dipungkiri Anda memerlukan keahlian berbicara dan presentasi yang persuasif, agar bicara dan presentasi Anda tidak hanya di-dengar dan diperhatikan, namun juga memberi pengaruh yang positif.

 

Keahlian bicara dan presentasi yang persuasif bukanlah semata-mata bakat yang di-bawa seseorang sejak lahir. Melainkan lebih banyak dibentuk dan ditumbuhkan oleh aktivitas belajar dan berlatih. Maka paparan berikut ini saya maksudkan untuk me-nunjukkan kepada Anda seperti apa sesungguhnya kiat-kiatnya.

 

Pertama, bicara dan presentasi persuasif itu memerlukan persiapan yang matang. Utamanya terkait dengan tema yang hendak Anda sampaikan. Maka sesingkat apa pun waktu yang Anda miliki, misalnya Anda harus tampil dadakan, Anda tetap harus menyiapkannya dengan baik. Pilihlah tema atau topik yang sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Setelah itu sampaikan kepada audien dengan memfokuskan pada tiga hal utama saja. Jangan biarkan pikiran dan ucapan Anda ngelantur pergi  kemana-mana.

 

Yang kedua, bicara dan presentasi persuasif membutuhkan informasi yang optimal perihal siapa audien Anda. Oleh sebab itu, carilah informasi yang memadai tentang profil audien Anda. Pelajari dengan baik profil tersebut, dan siapkan jurus terbaik agar bicara dan presentasi Anda benar-benar relevan dan matching dengan suasana kebatinan dari audien Anda.

 

Kemudian yang ketiga, bicara dan presentasi persuasif membutuhkan contoh dan bukti nyata. Ini terkait dengan watak anggota masyarakat pada umumnya yang mau percaya bila telah melihat atau mengetahui buktinya lebih dulu. Istilah kerennya, seeing than beliefing (melihat kemudian percaya). Karena itu, fakta, data, serta angka perlu Anda sisipkan dalam pembicaraan dan presentasi Anda.

 

Adapun yang terakhir, bicara dan presentasi persuasif perlu diakhiri dengan ajakan dan dorongan terhadap audien agar mereka siap untuk membangun komitmen dan kesediaan melakukan take action. Meskipun Anda tidak mungkin mengecek dengan baik apa yang dilakukan audien setelah mereka mengikuti pembicaraan dan presen-tasi Anda, setidak-tidaknya komitmen dan kesediaan mereka untuk take action bisa lebih kuat mengikat memori dan kesadaran diri mereka.

 

Ketika pada akhirnya mereka mendapat hidayah Allah Swt, maka take action itu pasti lebih mudah mereka wujudkan. Bukankah begitu? Keep spirit & change your life.

 

*artikel ini telah dimuat di harian Republika

Sejujurnya Tentang Kami

HDI (Human Development & Investment) Management Centre lahir dari sebuah tekad besar untuk berperan dan terlibat langsung dalam proses perubahan sumber daya manusia Indonesia yang lebih berkarakter, yakni SDM yang memiliki leadership, entrepreneurship, dan spirituality yang handal. Dengan leadership seseorang memiliki kecerdasan mengelola segala urusan. Melalui entrepreneurship seseorang memiliki kecerdasan ekonomi. Sedang dengan spirituality seseorang memiliki kecerdasan hidup.

Visi dan Misi

Menjadi pembangun dan pengembang karakter dan kompetensi SDM Indonesia yang terpercaya dan bersahabat, dalam rangka mewujudkan kemandirian, kesejahteraan, dan kejayaan bangsa

  • Membangun dan mengembangkan kapasitas dan kapabilitas SDM Indonesia yang lebih berkarakter, yakini yang memiliki leadership, entrepreneurship, dan spirituality yang handal
  • Menjalin kemitraan dengan siapa pun dalam upaya membangun dan mengembangkan kapasitas SDM Indonesia yang memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat, bermental kaya dan berkelimpahan, serta memikiki moral dan etika yang tinggi
  • Mendermakan pengetahuan, keterampilan, dan keahlian yang Allah titipkan, semaksimal mungkin selalu berapa di jalan Allah, untuk mewujudkan kualitas perikehidupan manusia yang diberkahi Allah

Berita Terkini

SISI POSITIF SEBUAH GAME (Edisi Senin, 22 Januari 2018) Published at Monday, February 12th, 2018
REPUBLIKA & PESAN-PESAN PERUBAHAN (Edisi Senin, 8 Januari 2018) Published at Monday, February 12th, 2018
CONFLICT Of INTEREST (Edisi Senin, 18 Desember 2017) Published at Tuesday, January 30th, 2018
MENCEGAH KORUPSI, SANGGUPKAH? (Edisi Senin, 11 Desember 2017) Published at Tuesday, January 30th, 2018
FENOMENA 3 S (Edisi Senin, 27 November 2017) Published at Tuesday, January 30th, 2018
MARKET CREATING (Edisi Senin, 13 November 2017) Published at Tuesday, January 30th, 2018

Alamat

HDI Management Centre
Jl. Margo Utomo, Mejing Lor, Ambarketawang, Gamping
Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55294
Email: hdimanagementcentre@gmail.com
Telepon: (0274) 454-6649
HP: 0811-256-368
Fax: (0274) 798-283